Oknum Kaprodi S3 UIN Sumut Dilaporkan ke Polisi, Kuasa Hukum Istri Kirim Surat ke Rektor
Oknum pejabat akademik di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) berinisial AS dilaporkan ke Polrestabes Medan terkait dugaan
Hukum
KESEHATAN – Perlu diketahui, sebenarnya makanan dan minuman yang dikonsumsi berperan penting dalam proses perawatan kanker payudara. Oleh karenanya, pasien kanker payudara perlu memperhatikan makanan yang sebaiknya dihindari.
Ingin tau makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari oleh penderita penyakit payudara, berikut ulasannya.
1. Alkohol
Penelitian telah mengidentifikasi hubungan antara konsumsi alkohol secara teratur dan peningkatan risiko kanker payudara. Breastcancer.org melaporkan bahwa alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA.
Mereka juga mencatat bahwa wanita yang minum tiga minuman beralkohol per minggu meningkatkan risiko terkenanya sebesar 15%. Menurut perkiraan, risikonya naik sekitar 10% dengan setiap minuman tambahan per hari.
2. Gula
Dalam sebuah penelitian Amerika Serikat pada 2016 lalu, tikus yang mengonsumsi makanan yang kaya gula lebih cenderung mengembangkan tumor kelenjar susu yang mirip dengan kanker payudara pada manusia. Selain itu, tumor ini lebih cenderung menyebar, atau bermetastasis.
3. Lemak
Studi menunjukkan bahwa tidak semua lemak buruk. Meskipun lemak dari makanan olahan tampaknya meningkatkan risiko kanker payudara, beberapa lemak nabati dapat membantu menguranginya. Lemak trans adalah jenis lemak yang umum dalam makanan olahan dan premade.
Para ilmuwan telah mengaitkannya dengan risikonya yang lebih tinggi. Lemak trans paling sering terjadi pada makanan olahan, seperti makanan yang digoreng, beberapa biskuit, donat, dan kue kering. Orang harus membatasi asupan lemak trans jika memungkinkan.
4. Daging merah
Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara daging merah dan peningkatan risiko kanker payudara, terutama jika seseorang memasak daging pada suhu tinggi, yang dapat memicu pelepasan racun.
Selain itu, daging olahan beku cenderung tinggi lemak, garam, dan pengawet. Ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Lebih baik, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak pemrosesan atau pengawet. (okz)
Oknum pejabat akademik di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) berinisial AS dilaporkan ke Polrestabes Medan terkait dugaan
Hukum
Perumda Tirtanadi akan melakukan perbaikan pada pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) berdiameter 1.000 milimeter yang mengalami kebocoran di
Daerah
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Bobby Afif Nasution meminta PT PLN bertanggung jawab atas dampak pemadaman listrik bergilir yang te
Daerah
Kepala Instalasi Pengolahan Air (Ka.IPA) Delitua Perumda Tirtanadi Azanil Putra angkat bicara, terkait pengolahan bahan kimia yang dinilai
Peristiwa
Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Herdensi menyampaikan keprihatinan atas ditemukannya sebanyak 6,8 kilogram narkotika jenis
Peristiwa
Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas buka suara soal isu tudingan tidak memenuhi komitmen pembiayaan akomodasi peserta ASEAN Boys
Daerah
Keresahan publik terkait aspek keselamatan dan prosedur tanggap darurat selama penyelenggaraan Piala AFF U19 2026 di Stadion Teladan terjaw
Olahraga
Pemerintah Kota Medan membantah tegas tudingan tidak memenuhi komitmen pembiayaan akomodasi peserta ASEAN Boys Championship (AFF U19) 2026.
Olahraga
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Bobby Afif Nasution mengajak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut memperkuat kolaborasi d
Daerah
Tim Pengawas Haji (Timwas) DPR RI mengapresiasi penyelenggaraan ibadah haji 2026 yang dinilai berlangsung lebih tertib dan terorganisasi dib
Politik